MULTIMEDIA

MULTIMEDIA

MARQWEE

SELAMAT DATANG DI BLOG SULIS TYAN

Join The Community

Jumat, 14 Januari 2011

KOMPUTER

KOMPUTER

A.Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. MenurutBarnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat danInggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.





B.SEJARAH KOMPUTER
Terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung, amka dalam meninjau perkembangan komputer kita tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) alat ini berasal dari Timur Tengah dikena di Eropa pada Marcopolo.
Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur 16 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun 19673, seorang Phyosopy jerman bernama Leibniz. Membuat mesin hitung yang dapat menambah dan mengalikan. Pada Tahun 1975 seorang Peranvis bernama Joseph Mario Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk mengotrol benar-benar pada penenum tekstil.
Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan seumbangan besar dalam perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machane Campany dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau merencanakan mesin untuk memproses dengan menggunakan punch car dan mesin ini digunakan pada tahun 1910 pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of  Sperry and Corporation.
Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy menciptakan meisn hitung yang berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan dan penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, komputer nya disebut dengan nama Mark I. Mark I segera diganti dengan munculnya komputer elektronik yang otomatis bernama Eniac. Komputer ini dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.

1.Generasi Komputer
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
-         Pra generasi (sebeum tahun 1946)
-         Generasi I (tahu 1946-1959)
-         Generasi II (tahun 1959-1965)
-         Generasi III (tahun 1965-1970)
-         Generasi IV (sejak 1970)
-         Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan)

2.Komputer Generasi Pertama ( 1946-1959)
Ciri-ciri komputer generasi kedua :
1.      Komponen utama  yang digunakan adalah transistor sirkuitnya
2.      Program yang dibuat dengan bahas tingkat (High Level Language), seperti : Fortran, Cobol, Alkgol (The Algorithnic Language)
3.      Kapasitas memory utamanya sudah cukup besar
4.      Ukuran fisik komputer lebih kecil
5.      Proses operasi sudah cepat dapat memproses jutaan operasi perdetik
6.      Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
7.      Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis tetapi juga pada aplikasi teknik. Contoh komputernya : Univac III, Burroughs 200, IBM 7070, Honeywell 400, Honeywell 800.

3.Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Ciri-ciri komputer generasi ketiga :
1.      Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit)
2.      Prosesnya lebih cepat, kecepatan hamper 10.000 kali dari komputer generasi pertama
3.      Kapasitas memori komputer lebih besar dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
4.      Penggunaan listrik lebih hemat
5.      Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing dan multi programing. Multi processing yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan.
6.      Kemampuan melakukan komputer data dari satu komputer dengan komputer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi telepon. Contohnya : IBM S/360, NOVA.

4Komputer Generasi Keempat (Sejak 1970)
Sejak dari generasi ketiga orang sulit membayangkan komputer generasi selanjutnya, karena telah banyak seklai perkembangan-perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum pikirkan, tetapi sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat.
Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Intergation (SLI) atau juga dengan nama Bipolar Large Scale Intergation. SLI merupakan pemedatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuatan rangkaian-rangkaian terpadu (Intergrated Circuits). LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan miriprocessor dan semi condutor yang berbentuk chip untuk memori komputer (Internal Komputer), sedangkan generasi komputer sebenarnya masih menggunakan magnetic  core storage. Contoh komputer generasi keempat yang pertama :
-         Tahun 1970, IBM 370 telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama.
-         Tahun 1977 perusahaan detepoint corporation  mengumumkan Arcnet yang merupakan komputer lokal Area Network (LAN), LAN adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu areal lokal.
-         Tahun 1977 merupakan perkembangan yang sangat penting dalam dunia komputer mikro sejak saat ini mempunyai bentuk fisik yang kecil dengan harga murah yang dapat dijadikan oleh masyarakat, sehingga disebut dengan komputer personal.
-         Tahun 1981 Xerox Corpotion memperkenalkan komputer di atas meja (desk-top komputer) yang dapat menampilkan beberapa bentuk dilayar sekaligus dalam bentuk jendela (window) dan mengunakan alat mous yang pertama

5.Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima sedang dalam perkembangan komputer yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intergration) disamping VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction yang memungkinkan bias menggantikan chip. Josephson mempunyai kemampuan memproses milyard oprasi per detik jepang adalah Negara yang mempelopori perkembangan generasi kelima.

C.1.Perangkat lunak komputer, atau hanya perangkat lunak, adalah kumpulan program komputer dan terkait data yang menyediakan instruksi yang memberitahu sebuah komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana untuk melakukannya. Kita juga bisa mengatakan bahwa perangkat lunak mengacu pada program komputer satu atau lebih dan data dalam penyimpanan komputer untuk beberapa tujuan.Program perangkat lunak melakukan fungsi dari program itu menerapkan, baik dengan langsung memberikan instruksi untuk perangkat keras komputer atau dengan melayani sebagai masukan ke bagian dari perangkat lunak. Yang Istilah diciptakan untuk Berbeda dengan istilah lamahardware (berarti perangkat fisik). Berbeda dengan perangkat keras, perangkat lunak tidak berwujud, yang berarti "tidak bisa disentuh". [1]Software ini juga kadang-kadang digunakan dalam arti yang lebih sempit, yang berarti perangkat lunak aplikasi saja. Kadang-kadang istilah tersebut termasuk data yang belum tradisional dikaitkan dengan komputer, seperti film, kaset, dan catatan. [2]
Contoh perangkat lunak komputer meliputi:
§  Aplikasi perangkat lunak termasuk pengguna akhir aplikasi komputer seperti pengolah kata atau video game , dan software ERP untuk kelompok pengguna.
§  Middleware kontrol dan koordinat sistem terdistribusi .
§  Bahasa pemrograman mendefinisikan sintaks dan semantik program komputer. Sebagai contoh, banyak aplikasi perbankan dewasa ditulis dalam COBOL bahasa, awalnya diciptakan pada tahun 1959. aplikasi baru seringkali ditulis dalam bahasa pemrograman yang lebih modern.
§  Sistem perangkat lunak meliputi sistem operasi , yang mengatur sumber daya komputasi. Hari ini [ kapan? ] besar [ menghitung ] aplikasi yang berjalan pada mesin remote seperti Website dianggap [ oleh siapa? ] untuk menjadi perangkat lunak sistem, karena [ rujukan? ] akhir-antarmuka pengguna umumnya melalui antarmuka pengguna grafis , seperti web browser .
§  Testware adalah perangkat lunak untuk perangkat keras pengujian atau paket perangkat lunak .
§  Firmware adalah perangkat lunak tingkat rendah sering disimpan dalam memori perangkat Programmable elektrik. Firmware diberi nama karena ia diperlakukan seperti perangkat keras dan menjalankan ("dieksekusi") dengan program perangkat lunak lainnya.
§  Shrinkware adalah nama yang lebih tua yang diberikan kepada-membeli perangkat lunak konsumen, karena sering dijual di toko-toko eceran dalam -shrink dibungkus kotak.
§  Device driver kontrol bagian dari komputer seperti disk drive , printer , CD drive , atau monitor komputer .
§  alat Pemrograman membantu tugas-tugas komputasi dilakukan di setiap kategori yang tercantum di atas. Untuk programmer, ini bisa menjadi alat untuk debugging atau reverse engineering lebih tua sistem warisan untuk memeriksa kompatibilitas kode sumber .

B.2.Hardware Komputer adalah sebuah komputer terdiri dari komponen fisik beberapa perangkat keras komputer, setelah yang dapat diinstal perangkat lunak sistem yang disebutsistem operasi dan berbagai perangkat lunak aplikasi untuk melakukan fungsi yang diinginkan operator tersebut.
Meskipun PC datang dalam berbagai bentuk, yang khas komputer pribadi terdiri dari kasus atau chassis dalam bentuk menara (desktop), mengandung komponen-komponen seperti motherboard .

a.Motherboard merupakan komponen utama dalam kasus ini. Ini adalah papan persegi panjang besar dengan sirkuit terintegrasi yang menghubungkan seluruh bagian-bagian dari komputer termasuk CPU , yang RAM , disk drive ( CD , DVD , hard disk , atau lainnya) dan juga setiap periferal yang terhubung melalui port atau slot ekspansi.
Komponen langsung melekat pada motherboard meliputi:
§  The central processing unit (CPU) melakukan sebagian besar perhitungan yang memungkinkan sebuah komputer berfungsi, dan kadang-kadang disebut sebagai "otak" dari komputer. Hal ini biasanya didinginkan dengan heat sink dan kipas.
§  The chip set menengahi komunikasi antara CPU dan komponen lainnya dari sistem, termasuk memori utama.
§  RAM (Random Access Memory) menyimpan penduduk bagian dari pada jadi) saat ini menjalankan OS (OS inti dan dan semua proses yang berjalan (aplikasi bagian, CPU menggunakan atau input / output (I / O) saluran atau menunggu untuk CPU atau I / O saluran ).
§  The BIOS termasuk boot firmware daya dan manajemen. The B asic I nput O utput tugas tersebut akan ditangani oleh sistem operasidriver.
§  Internal Bus menghubungkan CPU ke berbagai komponen internal dan ekspansi untuk kartu grafis dan suara.
§  Saat ini
§  The utara jembatan memory controller, untuk RAM dan PCI Express
§  PCI Express , untuk kartu ekspansi seperti grafik dan prosesor fisika, dan-end interface jaringan yang tinggi
§  PCI , untuk kartu ekspansi lainnya
§  SATA , untuk disk drive
§  Usang
§  ATA (digantikan oleh SATA)
§  AGP (digantikan oleh PCI Express)
§  VLB VESA Local Bus (digantikan oleh AGP)
§  ISA (slot kartu ekspansi format usang di PC, tetapi masih digunakan di industri komputer)
§  Eksternal Bus Controller port dukungan untuk periferal eksternal. Port ini dapat dikontrol secara langsung oleh jembatan selatan I / O controller atau berdasarkan perluasan kartu terpasang ke motherboard melalui bus PCI.
§  USB
§  eSATA
§  SCSI

Di dalam komputer custom built: catu daya di bagian bawah memiliki kipas pendingin sendiri.
b.Power supply unit (PSU) mengkonversi alternating current (AC) tenaga listrik untuk daya DC tegangan rendah untuk komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik memiliki tombol untuk mengubah antara 230 V dan 115 V. Model-model lain memiliki sensor otomatis yang beralih tegangan input secara otomatis, atau dapat menerima tegangan antara batas-batas. Power supply unit yang digunakan dalam komputer hampir selalu saklar daya pasokan mode (SMP) . Para SMP menyediakan diatur daya arus searah pada beberapa tegangan yang dibutuhkan oleh motherboard dan aksesoris seperti disk drive dan kipas pendingin.

CD (compact disc) - yang tipe paling umum media yang dapat dilepas, cocok untuk musik dan data.
§  CD-ROM Drive - sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari CD.
§  CD Writer - sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data ke dan dari CD.
§  DVD (digital disc serbaguna) - yang populer jenis media yang dapat dilepas adalah dimensi yang sama seperti CD tetapi menyimpan hingga 12 kali lebih banyak informasi. Ini adalah cara yang paling umum mentransfer video digital, dan sangat populer untuk penyimpanan data.
§  DVD-ROM Drive - sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari DVD.
§  DVD Writer - sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke DVD.
§  DVD-RAM Drive - sebuah perangkat yang digunakan untuk cepat menulis dan membaca data dari suatu jenis khusus DVD.
§  Blu-ray Disc - kepadatan-tinggi format optik disk untuk data dan video definisi tinggi. Dapat menyimpan 70 kali lebih banyak informasi sebagai CD.
§  BD-ROM Drive - sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari disc Blu-ray.
§  BD Writer - sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data ke dan dari disk Blu-ray.
§  HD DVD - pesaing dihentikan ke format Blu-ray.
§  Floppy disk - yang usang perangkat penyimpanan yang terdiri dari disk tipis dari media penyimpanan magnetik fleksibel. Hari ini terutama digunakan untuk memuat driver RAID.
§  Iomega Zip drive - kapasitas sistem yang ketinggalan jaman-media penyimpanan removable disk, pertama kali diperkenalkan oleh Iomega pada tahun 1994.
§  USB flash drive - a flash memory perangkat penyimpanan data terintegrasi dengan interface USB, biasanya kecil, ringan, dilepas, dan ditulis ulang. Kapasitas bervariasi, dari ratusan megabyte (sama seperti ballpark CD) untuk puluhan gigabyte (melebihi, dengan biaya besar, cakram Blu-ray).
§  Tape drive - sebuah perangkat yang membaca dan menulis data pada pita magnetik, digunakan untuk penyimpanan jangka panjang dan backup.
§   
c.Hardware Sekunder
§  Hardware yang menyimpan data di dalam komputer untuk digunakan dan tetap teguh bahkan ketika komputer memiliki daya.
§  Hard disk - untuk jangka menengah penyimpanan data.
§  Solid-state drive - sebuah perangkat yang mirip dengan hard disk, tapi tanpa bagian yang bergerak dan menyimpan data dalam format digital.
§  Array RAID controller - perangkat untuk mengelola internal eksternal hard disk atau beberapa dan beberapa periferal opsional untuk mencapai peningkatan kinerja atau keandalan dalam apa yang disebut array RAID.

d.Kartu Suara memungkinkan komputer untuk output suara ke perangkat audio, serta menerima masukan dari mikrofon . Sebagian besar komputer modern memiliki kartu suara built-in untuk motherboard, meskipun umum bagi pengguna untuk menginstal kartu suara yang terpisah sebagai upgrade. Kebanyakan kartu suara, baik built-in atau ditambahkan, memiliki kemampuan surround sound.

e.Input dan output perangkat eksternal biasanya disimpan ke chassis komputer utama. Berikut ini adalah komponen standar atau yang umum untuk sistem komputer banyak.
Wheel Mouse
§  Teks input device
§  Keyboard - perangkat untuk memasukkan teks dan karakter dengan menekan tombol (disebut sebagai tombol atau tombol).
§  Mouse - perangkat penunjuk yang mendeteksi dua dimensi gerak relatif ke permukaan pendukungnya.
§  Optical Mouse - menggunakan cahaya untuk menentukan gerakan mouse.
§  Trackball - sebuah perangkat yang terdiri dari sebuah bola housed terkena menonjol dalam soket yang mendeteksi sekitar dua sumbu rotasi.
§  Layar sentuh - indra pengguna menekan langsung pada layar
§  Gaming perangkat
§  Joystick - sebuah perangkat kontrol yang terdiri dari tongkat genggam yang berporos sekitar satu akhir, untuk mendeteksi sudut dalam dua atau tiga dimensi.
§  Game pad - tangan memegang game controller yang mengandalkan pada digit (terutama jempol) untuk memberikan masukan.
§  Game controller - jenis tertentu pengendali permainan khusus untuk tujuan tertentu.
§  Gambar , Video perangkat input
§  Gambar scanner - sebuah perangkat yang memberikan masukan melalui analisis gambar, teks tercetak, tulisan tangan, atau objek.
§  Web cam - kamera video digunakan untuk memberikan masukan visual yang dapat dengan mudah ditransfer melalui internet.
§  Audio input device
§  Mikrofon - sebuah sensor akustik yang memberikan masukan dengan mengkonversi suara menjadi sinyal listrik.
§  F.Perangkat Output
§  Printer - sebuah perangkat yang menghasilkan teks terbaca-manusia permanen dari dokumen grafis.
§  Speaker - biasanya sepasang perangkat (2 channel) yang mengkonversi sinyal listrik menjadi audio.
§  Headphone - untuk single user pendengaran audio.
§  Monitor - sebuah tampilan visual elektronik dengan informasi tekstual dan grafis dari komputer.
§  CRT - (Cathode Ray Tube) layar
§  LCD - (Liquid Crystal Display) pada 2010, itu adalah tampilan visual utama untuk komputer pribadi.
§  LED - (-emitting dioda cahaya) layar
§  OLED - Organic Light-Emitting Diode

0 komentar:

Posting Komentar